Instrumen Penilaian Praktik Wudhu - PAI Kelas VII

Instrument Penilaian Praktik Wudhu

Mata Pelajaran: Pendidikan Agama Islam (PAI) | Kelas/Semester: VII / Ganjil

Rubrik Penilaian Praktik Wudhu

No Aspek yang Dinilai Kriteria Penilaian Skor Maks. (4)
1 Rukun dan Urutan (Tartib) 4: Melaksanakan semua rukun dan sunah, urutan sempurna (tartib).
3: Rukun terpenuhi, namun 1-2 langkah sunah terlewat atau salah urutan.
2: Terdapat 1 rukun yang terlewat dan 2-3 langkah salah urutan.
1: Lebih dari 2 rukun wudhu terlewat atau urutan tidak beraturan.
4
2 Kesesuaian Gerakan (Kaifiyah) 4: Gerakan basuhan merata dan tuntas (sampai siku/mata kaki), tidak boros air.
3: Gerakan merata, namun ada 1-2 area basuhan yang kurang tuntas.
2: Gerakan tidak merata (misal: hanya setengah lengan atau sedikit air).
1: Banyak kesalahan fundamental dan pemborosan air.
4
3 Doa dan Bacaan 4: Doa sebelum wudhu (niat) dan Doa setelah wudhu diucapkan lancar.
3: Doa lengkap tapi terbata-bata atau ada sedikit kesalahan hafalan.
2: Hanya membaca niat, lupa Doa setelah wudhu.
1: Tidak membaca doa sama sekali.
4
4 Sikap dan Kelancaran 4: Praktik lancar tanpa jeda, menunjukkan sikap percaya diri dan khusyuk.
3: Cukup lancar, namun ada keraguan sesekali atau kurang khusyuk.
2: Praktik terbata-bata, sering berhenti dan perlu panduan.
1: Sangat ragu, tidak lancar, dan tidak serius.
4
TOTAL SKOR MAKSIMAL 16

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM):

  • Nilai Maksimal: 16
  • KKM Standar (75%): 12
  • Kesimpulan: Siswa dinyatakan TUNTAS jika Total Skor ≥ 12.

Simulasi Hasil Penilaian Siswa

No Nama Siswa Skor Rukun (A1) Skor Gerakan (A2) Skor Doa (A3) Skor Sikap (A4) Total Skor Ketuntasan
1 Ahmad 4 4 4 4 16 Tuntas
2 Siti 3 3 2 3 11 Belum Tuntas
3 Budi 2 1 2 1 6 Belum Tuntas

Tafsiran Rinci per Siswa:

Ahmad 16/16 Tuntas

Ahmad meraih skor sempurna dan menunjukkan penguasaan praktik wudhu yang sangat baik.

  • Rukun & Urutan: Sempurna, menguasai seluruh rukun dan sunah.
  • Gerakan: Gerakan basuhan tuntas dan merata, sesuai tuntunan.
  • Doa: Mengucapkan niat dan doa setelah wudhu dengan lancar.

Siti 11/16 Belum Tuntas

Siti belum tuntas karena skor total 11 (dibawah KKM 12). Masalah utama ada pada aspek doa dan kesesuaian gerakan.

  • Rukun & Urutan: Urutan sedikit terbalik (membasuh telinga setelah kaki).
  • Gerakan: Basuhan wajah kurang merata di area batas rambut.
  • Doa: Hanya membaca niat, lupa atau tidak hafal Doa setelah wudhu. (Skor 2)

Budi 6/16 Belum Tuntas

Budi sangat jauh dari ketuntasan. Perlu pengajaran ulang dan pendampingan intensif.

  • Rukun & Urutan: Urutan acak, rukun membasuh kaki terlewatkan. (Skor 2)
  • Gerakan: Gerakan tidak tuntas, basuhan tangan hanya sampai pergelangan. (Skor 1)
  • Sikap: Sangat ragu dan tidak percaya diri, sering melihat teman. (Skor 1)

Rencana Tindak Lanjut (Follow-Up)

Analisis dan Rekomendasi Umum

  • Tingkat Ketuntasan Klasikal: 33.3% (1 dari 3 siswa tuntas). Ini menunjukkan bahwa metode pengajaran perlu ditingkatkan.
  • Aspek Paling Lemah: Aspek Doa (A3) dan Kesesuaian Gerakan (A2). Banyak siswa lupa/ragu dengan doa setelah wudhu.
  • Rekomendasi Pembelajaran:
    • Media: Gunakan media visual (video 3D atau bagan) yang menonjolkan urutan rukun dan area basuhan yang wajib.
    • Strategi: Terapkan metode demonstrasi dan simulasi berulang di kelas.
    • Khusyuk: Selipkan penekanan pada makna spiritual (tadabbur) setiap langkah wudhu, bukan hanya teknis.

© 2025 - Instrument Penilaian Praktik Wudhu | Dibuat oleh YANA YUHANA (2281130627) A13

Posting Komentar

0 Komentar