TUGAS PERTEMUAN 12 STATISTIKA PENDIDIKAN

Tugas Pertemuan 12: Uji-T Independen

Jawaban Tugas Pertemuan 12

Nama: YANA YUHANA

NIM: 2281130627

Mata Kuliah: Statistik Pendidikan

Kode Kelas: PAIJ.6018

Kelas: A13

Program Studi: PJJ PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Dosen: HERLINDA NUR'AFWA SOFHYA

Jumlah Peserta: 46

Studi Kasus: Perbandingan Efektivitas Dua Metode Pengajaran (Uji-T Independen)

1. Tujuan Penelitian

Untuk membandingkan apakah terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik pada nilai ujian akhir antara Kelompok A (menggunakan Metode Pengajaran X) dan Kelompok B (menggunakan Metode Pengajaran Y).

2. Hipotesis

  • Hipotesis Nol (H0): Tidak ada perbedaan rata-rata nilai ujian akhir antara Kelompok A dan Kelompok B (Rata-rata A = Rata-rata B).
  • Hipotesis Alternatif (Ha): Terdapat perbedaan rata-rata nilai ujian akhir antara Kelompok A dan Kelompok B (Rata-rata A $\neq$ Rata-rata B).

3. Data Kasus Contoh

Siswa Metode Nilai Ujian (X)
A1X (Kelompok A)85
A2X78
A3X92
A4X80
A5X88
B1Y (Kelompok B)75
B2Y82
B3Y70
B4Y79
B5Y74

4. Analisis Statistik Deskriptif

Langkah pertama adalah menghitung statistik dasar untuk masing-masing kelompok, termasuk perhitungan selisih kuadrat untuk menentukan varians ($s^2$).

A. Perhitungan Statistik Kelompok A (Metode X)

Siswa Nilai (X) $X^2$ $(X - \bar{X}_A)$ $(X - \bar{X}_A)^2$
A1857225$0.4$$0.16$
A2786084$-6.6$$43.56$
A3928464$7.4$$54.76$
A4806400$-4.6$$21.16$
A5887744$3.4$$11.56$
$\Sigma$ $423$ $35917$ $0.0$ $\Sigma(X-\bar{X}_A)^2 = 131.2$

Berdasarkan tabel di atas, diketahui:

  • Jumlah Sampel ($n_A$): 5
  • Rata-rata ($\bar{X}_A$): $\frac{423}{5} = 84.6$
  • Sum of Squares (SS): $131.2$
  • Varians Sampel ($s^2_A$): $\frac{SS}{n_A - 1} = \frac{131.2}{4} = 32.8$
  • Standar Deviasi ($s_A$): $\sqrt{32.8} \approx 5.73$

B. Perhitungan Statistik Kelompok B (Metode Y)

Siswa Nilai (X) $X^2$ $(X - \bar{X}_B)$ $(X - \bar{X}_B)^2$
B1755625$-1.0$$1.00$
B2826724$6.0$$36.00$
B3704900$-6.0$$36.00$
B4796241$3.0$$9.00$
B5745476$-2.0$$4.00$
$\Sigma$ $380$ $28966$ $0.0$ $\Sigma(X-\bar{X}_B)^2 = 86.0$

Berdasarkan tabel di atas, diketahui:

  • Jumlah Sampel ($n_B$): 5
  • Rata-rata ($\bar{X}_B$): $\frac{380}{5} = 76.0$
  • Sum of Squares (SS): $86.0$
  • Varians Sampel ($s^2_B$): $\frac{SS}{n_B - 1} = \frac{86.0}{4} = 21.5$
  • Standar Deviasi ($s_B$): $\sqrt{21.5} \approx 4.64$

*Catatan: Nilai Varians dalam perhitungan ini menggunakan data dari tabel yang dimodifikasi ($s^2_A=32.8$ dan $s^2_B=21.5$), bukan nilai sebelumnya ($40.3$ dan $25.0$). Perhitungan uji-t selanjutnya akan menggunakan nilai varians yang baru ini untuk konsistensi data yang ditampilkan.

5. Uji-T Independen (Asumsi Varians Sama)

Dengan menggunakan Varians sampel yang baru: $s^2_A = 32.8$ dan $s^2_B = 21.5$.

A. Hitung Varians Gabungan (Pooled Variance, $s_p^2$)

Rumus Varians Gabungan:

$$s_p^2 = \frac{(n_A - 1)s_A^2 + (n_B - 1)s_B^2}{n_A + n_B - 2}$$

Perhitungan:

$$s_p^2 = \frac{(5 - 1)(32.8) + (5 - 1)(21.5)}{5 + 5 - 2} = \frac{131.2 + 86.0}{8} = \frac{217.2}{8} = 27.15$$

B. Hitung Nilai Uji-t ($t_{hitung}$)

Rumus Uji-t Independen:

$$t_{hitung} = \frac{\bar{X}_A - \bar{X}_B}{\sqrt{s_p^2 \left( \frac{1}{n_A} + \frac{1}{n_B} \right)}}$$

Perhitungan:

$$t_{hitung} = \frac{84.6 - 76.0}{\sqrt{27.15 \left( \frac{1}{5} + \frac{1}{5} \right)}} = \frac{8.6}{\sqrt{10.86}} \approx 2.610$$

6. Keputusan dan Kesimpulan

1. Tentukan Derajat Kebebasan (df):

Perhitungan:

$$df = n_A + n_B - 2 = 5 + 5 - 2 = 8$$

2. Tentukan Nilai Kritis ($t_{tabel}$):

Dengan $\alpha = 0.05$ (uji dua sisi) dan df=8, nilai kritis yang diambil dari tabel distribusi-t adalah:

$$t_{tabel} \approx \pm 2.306$$

3. Ambil Keputusan:

Kriteria penolakan H0:

  • Jika $|t_{hitung}| > t_{tabel}$, maka **tolak** H0.
  • Jika $|t_{hitung}| \leq t_{tabel}$, maka **terima** H0.

Pada kasus ini, $|2.610| > 2.306$. Maka, H0 ditolak.

Kesimpulan Studi Kasus

Dengan $t_{hitung} = 2.610$ dan $t_{tabel} = 2.306$, kita **menolak Hipotesis Nol** (H0).

Kesimpulan Akhir:

Terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik dalam rata-rata nilai ujian akhir antara kelompok yang menggunakan Metode Pengajaran X ($\bar{X}_A = 84.6$) dan kelompok yang menggunakan Metode Pengajaran Y ($\bar{X}_B = 76.0$). Hasil ini menunjukkan bahwa Metode X menghasilkan nilai ujian akhir yang secara signifikan lebih tinggi.

Dokumen ini dibuat untuk Tugas Pertemuan 12 Mata Kuliah Statistik Pendidikan.

Posting Komentar

0 Komentar